Rehat Sejenak yuk…!!

Huh…!!! pusing dengan segala urusan duniawi?? Penat..??? so pasti??? Masih ngebahas perang Israel ma Palestina…??? ciah, ga bakalan ada habisnya tuh… Belom lagi krisis global… Uuugghh… Cape Deh…

Mari kira beristirahat dan bersantai sejenak menikmati panorama alam yg sempurna dan sebagian panorama alaminya mungkin belom terjamah oleh tangan manusia. Pulang sabang atau pulau Weh yg menyimpan keelokan dan pesona yg tak terlupakan.

Mungkin tak banyak yang tau keelokan pulau yg terletak di ujung pulau sumatera, pulau paling ujung indonesia ini. Upz, don’t worry gw mau sedikit share informasi ne tentang pulau yg satu ini.

Dari provinsi NAD, perjalanan ke pulau weh ini dimulai dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh ke Pelabuhan Balohan, Sabang yg ditempuh dalam waktu 45 menit menggunakan speed boat cruiser, tiketnya Rp 60.000 / org untuk kelas bisnis (harga bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung BBM). Klo kemahalan anda dapat melakukan Perjalanan dengan ferry, tetapi lama tempuh kesana lebih lama sekitar 2 jam. Setiap harinya ada 2 kali perjalanan dari Ulee Lheue ke Sabang begitu juga sebaliknya yaitu 9.30 pagi dan 16.00 sore. (Saran gw buat yg mabok laut mending pake speed boat deh, dijamin ga bakalan shaky-shaky…!!!)

Sesampai di balohan, waktu menunjukkan pukul 10.20, disana sudah menunggu banyak orang yg menawarkan jasa mobilnya untuk berkeliling. Tarif yg dikenakan telah distandarisasi oleh pemerintah daerah kota Sabang, yaitu Rp 50 ribu untuk sewa mobil 1 hari tanpa bensin dan driver, klo mau keliling dengan supir satu hari biayanya antara Rp 300 – 500 ribu (hehe… tergantung anda jago atau ga negonya). Banyak objek wisata menarik yg dapat anda kunjungi di Pulau Weh, diantaranya adalah pantai Gapang, Pantai Iboh, Pantai Kasih, Pantai Pasir Hitam, Pantai Paradiso, Sabang Hill, Sabang Fair, danau Aneuk Laot dan perjalanan ke tugu kilometer nol yg penuh dengan ketegangan karena melewati jalan yang berliku, menelusuri lembah, mendaki, penuh dengan tikungan tajam, tapi sungguh mengasyikkan dan menyenangkan.

Gw sendiri udah 2 kali ke pulau Weh, perjalan pertama gw pada tahun 2005, saat itu pulau sabang sungguh jauh berbeda dari yang terlihat sekarang (mungkin karena baru tsunami dan tempat-2 wisata juga belom dikelola dengan baik). Saat itu kami berkesempatan untuk mengunjungi Pantai Iboh dimana didepan bungalow terlihat pesona pulau rubiah. Bagi anda yg suka snorkling gw saranin berkunjung ke sini deh, karena gw jamin pesona terumbu karang di dasar lautnya sangat indah… sayang gw ga bisa berenang, hiks . Dibandingkan dengan pantai Gapang, pantai iboh jauh lebih indah.

Sabtu kemarin (01 February 2009) gw berkesempatan untuk mengunjungi sabang untuk kedua kali. Sekarang sabang jauh berubah, dan menjadi tempat wisata yg paling banyak digemari tidak hanya oleh wisatawan dalam negeri tapi juga wisatawan manca negara. Hehe, pasca tsunami banyak NGO dan warga asing berkunjung ke Aceh tak terkecuali mengunjungi pulau Sabang untuk berekreasi. Di sabang, kami beristirahat di Penginapan dan Bungalow ‘Casa Nemo’ yang terletak di desa Sumur Tiga ( Ie Meulee), bangunannya mencerminkan arsitektur tradisional Aceh dengan penyesuaian modern. Restoran Casa Nemo menyediakan jenis makanan lokal maupun internasional khususnya makanan khas Italia serta masakan Aceh. Bungalow dilengkapi dengan spring bed single atau dobel yang nyaman, kamar mandi dengan bathtub dan air hangat serta view yang langsung menghadap ke laut (indah banget….) apalagi pantai dan lautnya yang jernih… Asli… Natural dan sangat alami… (klo mau nginap disini, anda harus sudah book jauh-2 hari, karena jumlah bungalow dan penginapannya sangat terbatas dan biasanya full book saat liburan sabtu dan minggu).

Kami sampai di bungalow pada pukul 12 dan langsung check in, selanjutnya kami berjalan-2 mengelilingi pulau sabang dan kilometer nol untuk kedua kali. Nah, mengenai petualangan gw mengunjungi tempat-2 di Sabang tidak gw ceritain karena gw mau anda-anda dapat merasakan langsung rasanya berwisata ke Pulau Weh seperti yg gw rasakan. Kami kembali ke Banda Aceh pada hari minggu sore dengan kapal pukul 16.00. Perjalanan wisata ke pulau Weh emang terasa sangat singkat tapi menyenangkan dan gw ga akan bosan untuk kembali lagi ke pulau ini.

About lovewatergirl

(Aku adalah aku... Tidak akan ada yang seperti aku...) Aku hanya akan menjadi diriku sendiri.
This entry was posted in Reportase and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Rehat Sejenak yuk…!!

  1. berpaan tu ya bungalow yaa…,

Leave a Reply

