Asal usul Agama

Jika ditinjau dari segi asalnya, maka semua agama di Bumi ini di bagi 2, yaitu :

1.      Agama Samawi (Tauhid)

Yaitu agama yang turun dari Hadirat Yang Maha Tinggi, yaitu agama yang berasal dari wahyu Allah SWT yang menjadikan alam semesta dan diwahyukan kepada Rasul-Rasul-Nya untuk disampaikan kepada umat mereka masing-masing. Agama samawi adalah Agama Yahudi yang dibawa oleh Nabi Musa, Agama Nasrani yang dibawa oleh Nabi Isa AS, dan Agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. 

2.   Agama Thabi’y (A’rdhi)

      Yaitu agama yang timbul dari angan-angan khayal manusia belaka, bukan berasal dari wahyu Ilahi. Agama A’rdhi adalah Agama Majusi, agama shabiah.

 

Yang perlu kamu ketahui     

 

*      Agama Majusi

Agama Majusi lahir di Persia pada zaman dahulu kala yang dianut oleh bangsa Persia yang pada umumnya adalah bangsa Arya Persia. Agama Majusi mengajarkan kepercayaan adanya 2 Tuhan yang maha kuasa, yaitu Tuhan Terang/Cahaya (Ahuramazda), yaitu Tuhan kebaikan dan Tuhan Gelap (Ahriman), yaitu Tuhan Kejahatan.

*      Agama Shabiah

Berasal dari kata Shaba’a atau Shaba artinya membelok atau melepaskan diri  dari ikatan. Orang yang menganut Shabiah dinamai Shabiin. Aliran Shabiah mengajarkan kepercayaan kepada Roh-Roh (Rohaniah), yaitu :

1.      Ruh, yaitu suatu golongan makhluk Tuhan yang tertinggi, yang juga maha suci zat dan sifatnya. Mereka tak nampak, tak bisa diraba, tak terikat oleh pengaruh ruang dan waktu.

2.      Rauh, yaitu kesentosaan, keadilan, kebahagiaan, rahmat dan nikmat. Rauh adalah sifat daripada Roh.

*      Agama Yahudi

            Yahudi sebenarnya adalah nama suatu bangsa yang disebut bangsa ISRAIL atau IBRANI (Hebrew).

     

      Asal Usul Agama Yahudi

a.       Ibrani

Dalam bangsa Ibrani, Allah mengutus seorang Rasul yaitu IBRAHIM untuk menuntun mereka kembali kepada Allah. Setelah mengangkat nabi Ibrahim, putera Beliau Ishak melanjutkan tugas memimpin kaumnya. Dan setelah Ishak wafat, Ya’kub putra ishak meneruskan tugas memimpin bangsa Ibrani.

b.      Bani Israil

Nabi Ya’kub mula-mula menetap di negeri Kan’an (Palestina). Beliau mempunyai nama kehormatan dengan sebutan Bani Israil yang artinya “Hamba Allah yang Amat Taat”. Beliau mempunyai 12 orang putera, diantaranya : Rubin, simeon, Lewi, Yahuda, Zebulon, Isakhar, Dan, Gad, Asyer, Naftali, Yusuf, dan benyamin. Anak cucu Ya’kub itulah kemudian dikenal dengan Bani Israil.

c.       Yahudi

Diantara putra Ya’kub, yang paling banyak keturunannya adalah Yahuda. Selain banyak keturunan, Yahuda juga terkemuka dalam berbagai hal. Karena banyaknya keturunan dan besar golongannya, maka mereka membentuk bangsa lain dalam bangsa Israil, yang disebut dengan “Bangsa Yahudi”.

About these ads

About lovewatergirl

(Aku adalah aku... Tidak akan ada yang seperti aku...) Aku hanya akan menjadi diriku sendiri.
This entry was posted in History and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

36 Responses to Asal usul Agama

  1. ADEL says:

    Saya yakin Tuhan mencintai semua manusia yang ada dimuka bumi ini, jika kita lebih rendah hati mencari kebenaran didalam Tuhan saya yakin kita akan menemukan bahwa Tuhan tidak pernah membuat “Agama”, yang dibuat Tuhan yang tercatat dalam sejarah adalah “Perintah” atau “Aturan” kepada manusia, yang dimana pada setiap zaman terdapat kegagalan-kegagalan manusia, yang menjadi misteri dibalik Hikmat Allah yang intinya melihat ketulusan hati kita kepada “Sang Khalik” untuk menerima kebenaran.
    Agama adalah politik “Sang Jahat” untuk menutupi telinga manusia agar tidak menerima Kebenaran tersebut.

  2. amflife says:

    Pertanyaanya, Kalau agama samawi hanya agama yang dibawa oleh para Nabi-nabi Israel, lalu siapa yeng membimbing peradaban2 yang lebih maju dari bangsa yang di klaim sebagai bangsa yang dituntun langsung oleh Tuhan lewat agama-agama samawi.
    Saya lebih suka menyebutnya sebagai Agama Ibrahimiah atau Agama Abrahamaic. Dan saya percaya Tuhan Maha Kuasa, tidak ada suatu apapun yang luput dari kuasanya dimuka bumi. Tuhan adalah Rabb bagi semesta Alam,yang memebimbing perkembangan Makhluknya. Tentu saja termasuk peradaban manusia sebagai makhluknya.
    Sedikit pemikiran saya mengenai ini http://amflife.wordpress.com/2008/08/11/agama-tuhan-dan-peradaban-manusia/

  3. rian says:

    @adel
    “Tuhan saya yakin kita akan menemukan bahwa Tuhan tidak pernah membuat “Agama”, yang dibuat Tuhan yang tercatat dalam sejarah adalah “Perintah” atau “Aturan” kepada manusia”

    Kamu tuh sebenernya tahu ga apa arti agama,,,agama itu ya aturan, sistem… Jadi Tuhan membuat agama(aturan,sistem)..
    Tetapi sekarang ini orang malah bikin “aturan” sendiri,,makanya akhlaknya pada hancur!!!

  4. Bolonk says:

    Heran..
    dasar manusia..paling gampang di adu domba,di cerai berai..
    Kalian tuh sebenar nya pada ngeributin hal yg blm tentu ada..alias pepesan kosong !!!

  5. bolonk says:

    Dasar..manusia goblok..
    Tau ngga sebenarnya kalian tuh pada ngeributin hal yg belum tentu benar..agama itu buatan manusia semua.!!

    Siapa yg buat qur-an,al-kitab..
    Yah..manusia jg tolol…pada ributin pepesan kosong kalian !!

    Dasar goblok kalian semua.!!

  6. Allah hanya satu..
    Beribadahlah kepada’ya dan berbuat baiklah di dunia ini..
    Saya rasa itu cukup..

  7. Kaka_ngalo says:

    Yupz,sepakat. Agama tU ya atUran, dr Tuhan(Allah) kpd manusia.. Bage mana menjalankan kehidupan ini,coba byg kan,ada gag agama yg menuntun seseorg masuk WC(tempat pembuangan najis),nah islam lah yg memberikan atURan,tUNTunan,bagemana masuk WC,ya berdo’a dulu.. Sgthu lah lengkap nya islam, hal seperti itU pun tlah di atUR,apa lg ttg negara,etika,dan pemimpin. Luar biasa.. Love full m0slem.

    • saif anti agama says:

      tanpa di tuntun pun manusia juga tau kali,masak agama ngajarin cara beol,cuih…….
      najis……
      agama tu nggak ada,yang ada cuma aturan dan aturan itu siapa yang bikin kalo bukan manusia itu sendiri.

    • muhammaddin says:

      jangan asal cinta ja… jalankankan islammu secara kaffah.

  8. Baifat says:

    Tuhan menciptakan manusia,jin,malaikat dan semua makhluk hanya untuk menyembahnya.Agama merupakan petunjuk,ajaran,aturan dan banyak istilah lain yg semakna dengan itu untuk disampaikan kepada semua makhluk agar mengenal dan menyembah tuhan dngn benar sesuai dngan kepada golongan mana atau umat mana petunjuk itu dsampaikan.Ingat setiap umat pasti ada yg membawa petunjuk kejalan Tuhan yg benar,baik tercatat oleh sejarah atau tidak,bahkan jin sekalipun.

  9. hamzah says:

    aslm w.w maaf…sebenarnya islam itu bukan agama kalau menurut saya.islam itu adalah sebuah lembaga(pemeritahan)alloh.yang di dalamnya ada aturan yaitu alqur’an,dan ada yang di aturnya yaitu kita sebagai makhluk,kalau arti yang lain islam itu adalah sebuah jama,ah.atinya jama,ah ialah kumpulnya imam dan ma’mum dan ada atuan yang mengikat kepada imam dan ma’mum. kalau asal usulagama memurut pengetahuan saya ialah;agama artinya ada 2 kata,1 aga artinya tidak,2 ma artinya kacau.jadi agama itu arti lurusnya tidak kacau.agama itu adalah bahasa sangsekerta.agama itu panduannya orang-orang budha/hindu.makanya kalau islam di artikan agama relepan/pendangkalan ma’na.coba kalian tanyakan kepada orang islam,apa artinya islam itu,pasti akan menjawab agama.dan agama apa artinya pasti menjawab tidak tau.tgl 13-06-2010

  10. hamzah says:

    nyambung yang di atas.kalau islam di artikan agama sangat tidak relepan/pendangkalan ma’na.di dalam alqur’an alloh berpirman;siapa orang yang mencari aturan selain aturan islam,maka aturan itu tidak akan di terima,dan dia di ahirat termasuk orang-orang yang merugi.surat al i’mron ayat 85.coba kalau dinul islam di artikan aturan islam kan sangat lebar maknanya,kalau di artikan agama sangat sempit sekali.intinya biar orang islam kalau tidak pakai aturan islam maka tidak di terima aturan itu.

  11. zein santoni says:

    agama samawi adalah agama tauhid, kalo tauhid berarti satu. jadi agama yang diturunkan oleh satu Tuhan, baik yahudi nasrani dan islam adalah agama yang diturunkan oleh Tuhan yang sama. yahudi dan nasrani terlahir lebih dahulu dan penyempurna dari agama agama itu adalah islam dan Nabi Muhammad adalah estapet dari para nabi sebelumnya. dan terakhir. tapi masalahnya banyak orang yang terlalu menyimpang dari ajaran sebenarnya. contoh mengapa di nasrani ada perjanjian lama dan perjanjian baru serta ada trinitas, ini menunjukan bahwa Tuhan nasrani tidak konsisten dan plin plan. santo paulus orangnya yang membuat agama nasrani keluar dari jalurnya

  12. ALEX says:

    KALAU ASAL USUL AGAMA SECARA UMUM APA YAW,,,,,,? KOK BISA ADA AGAMA DI BUMI INI,,,,,,,!

    • ISLAM ARTINYA ORANG YANG BERSERAH DIRI,,,,,ANDA DIAJARKAN SAMA ORANG TUA NDAK AGAMA,BILANGIN SAMA ORANG TUA ANDA JANGAN SIBUK KERJA MENDIDIK ANAK TENTANG AGAMA LEBIH PENTING KARNA KITA PASTI AKAN MATI

  13. ghani says:

    aku suka dengan comment teman teman semua………
    benar Allah adalah Tuhan yang paling Mulia dan Yang Paling Tinggi dari segala-galanya……

    dan islam merupakan agama yang berada disisi Allah….
    agama kita semua………
    hati kita semua satu….
    yaitu untuk mencari keridhaan Allah
    yang menenangkan hati kita….
    agar bisa tenang di Dunia…
    dan akhirat

    Alhamdulillah
    Aku suka Allah ^_^

  14. Pingback: Evolusi Perkembangan Religi pada Manusia « kuninghijau

  15. pinondang pasaribu says:

    Bagi sumua tman2 yang comment, apa pun yang menjadi macam agama di dunia ini,jangan lah kita saling berantam,karena semua itu sia2, marilah kita saling menghormati perbedaan agama di dunia ini,jangan saling membenci, tetap percaya sama agamnya masing2, dan sya yakin tuhan menciptakan kita sebagai mahluk tertinggi derajatnya, itu ada tujuanya itu,,supaya kita manusia memuliakan dia,dan supaya dia di sembah,,karnah tuhanlah yang pantas di sembah,, bukan berhala,ataupun manusia jadi2an,ataupun sebuah patung,,semuanya itu ga berarti bagimu,itu hanya membawa kamu ke dalam kesengsaraan. jadi ingatlah hanya kuasa tuhan yang ada padamu! ok?

  16. pinondang pasaribu says:

    Tau ga teman2 semua? tuhan menciptakan banyak perbedaan di dunia ini supaya kita saling menghormati,mengagumi,dan meninggikan tuhan, bukan untuk saling mengejek ataupun saling menghancurkan. tapi q perhatikan sekarang ini dunia mkin hancur, perang dimana-mana, kenapa begitu ya???????? jadi yang menjadi harapan saya, marilah kita saling menjaga perdamaian di dunia ini,ciptakan suasan damai,

    • Monika Irmawati Saragi says:

      ya itu benar. I agree with U…..
      klo gk ada perbedaan di dunia ini ya gk seru dunxx…
      gk ada yang berwarna dan berkenang di hidup ini. hidup jadi datar….
      kn kgk seru….
      jdi, jdikanlah perbedaan itu menjadi pemersatu kita untuk saling mengasihi dan menghargai satu sama lain…
      O.K. Tuhan memberkati kita semua….
      GBU…..:)

  17. monika irmawati says:

    apapun agamanya kita harus saling berdamai. lakukan yang terbaik dan yang positif dalam hidup kita. dan kita juga harus saling menghargai, karena jika kita tidak menghargai orang lain, bagaimana bisa orang lain menghargai kita………

  18. muhammaddin says:

    Yakinkan bahwa yang anda ikuti baik agama ataupun aturan lainnya itu benar benar telah anda amalkan dan orang lain jadi bahagia karena anda… baru bisa anda mengatakan agama atau peraturan yang anda ikuti itu adalah benar… gak perlu cakap kebenaran kalau andanya gak benar dan merugikan orang lain…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s